Serbaseperlunya

Sabtu, 04 November 2017

Belajar Scale Gitar Untuk Pemula


SCALE 

Scale atau tangga nada adalah susunan beberapa not yang diatur menurut jarak (interval) tertentu. Mengapa disebut tangga nada? Mungkin sebagian orang membayangkan susunan not yang menaik dan menurun seperti tingkatan anak tangga. Anak tangga mempunyai ukuran yang rasional untuk memudahkan orang menapaki anak tangga tersebut. Jika suatu tangga memiliki ketinggian anak tangga yang tidak beraturan, tentu berbahaya dan dapat mencelakakan orang yang melewatinya. jadi, faktor ukuran sangat penting.

Di dalam musik, ukuran/interval ini juga penting. Jarak yang logis antarnot akan membantu kita dalam menyusun tangga nada yang harmonis. Hal itu juga akan memudahkan kita membentuk susunan melodi yang indah.

Seperti yang telah dikemukakan sebelumnya, mempelajari sebuah tangga nada adalah seperti mempelajari abjad A sampai Z. Suatu tangga nada terbentuk dari interval half step dan whole step.

Half step adalah jarak atau interval terdekat di antara dua nada (berjarak 1/2 nada).
Pada gitar hal itu sama dengan jarak 1 fret. contoh senar 1 ditekan pada fret pertama akan menghasilkan nada F dan di fret ke 2 akan menjadi F#.

Whole steps adalah interval yang berjarak penuh atau berjarak 1 nada atau bisa dikatakan whole steps terdiri dari 2 half step. Contoh dari not C ke D atau D ke E pada gitar ini sama dengan memegang not dengan jarak 2 fret.

Ada satu jenis jarak lagi yaitu Step dan a Half atau 1 1/2 yaitu 3 jarak half step.

Half Steps disingkat menjadi H

Whole steps disingkat menjadi W

Step dan Half disingkat 1 1/2


Contoh scale C MAJOR :

Berisi Nada C-D-E-F-G-A-B-C (Scale 1 octave).

Rumusnya adalah 1 1 1/2 1 1 1 1/2

ini bisa di terapkan di bentuk Major Scale

Tidak ada komentar:

Posting Komentar